Mengobati Asam Lambung Naik

Mengobati Asam Lambung Naik – Lambung merupakan salah satu bagian dari organ tubuh dan alat pencernaan yang memiliki organ berotot yang berongga dan mempunyai dua lubang penting, yakni :

  • Satu lubang berupa pintu masuk dari esofagus
  • Satu lubang lainnya merupakan pintu keluar menuju usus kecil.

Lambung sendiri memiliki peranan yang sangat penting sebagai salah satu organ pencernaan yakni menyimpan makanan sementar, mencampur dan membantu mencerna makanan dengan bantuan sekresi-sekresi lambung dan asam hidroklorida dan mengkontraksi makanan ke dalam usus kecil.

Mengobati Asam Lambung Naik

Mengobati Asam Lambung Naik

ASAM LAMBUNG NAIK

Lambung juga sering mengalami gangguan fungsi dan kinerjanya menjadi menurun, seperti penyakit maag, asam lambung, infeksi lambung dsb. Asam lambung yang dihasilkan oleh organ lambung yang digunakan sebagai media untuk mengurai makanan dan menyerap sari makanan dapat berpengaruh pada fungsi dan kerja lambung ketika asam lambung meningkatkan produksinya dan ketika asam lambung naik, tentunya akan sangat menyiksa penderitanya.

PENYEBAB ASAM LAMBUNG NAIK

Asam lambung naik terjadi akibat sekresi yang berlebihan yang terjadi di lambung, seperti lambung infeksi akibat salahnya asupan makanan yang masuk ke dalam lambung, makanan terlalu berat dicerna dan diserap oleh lambung atau kurang asupan makanan yang bergizi, sehingga kerja lambung melemah.

Ada beberapa jenis obat yang dapat digunakan untuk mengendalikan produksi asam lambung, mengobati infeksi pada dinding lambung dan menetralkan asam lambung, seperti antasid, antihistamin, antikoligenik, demulcent (dapat mengurangi iritasi lokal pada tukak lambung dan secara fisik melindungi sel-sel di bawahnya terhadap kontak dengan iritan dari luar) atau dengan menggunakan obat alami dari tanaman herbal yang mengandung sifat antasid, astringent.

Penyakit asam lambung naik disebabkan karena beberapa hal. Dalam dunia kedokteran istilah untuk penyakit asam lambung baik adalah Gastro Esophageal reflux disease (GERD). Saat asam lambung baik maka makanan yang diurai juga akan ikut keluar dari dalam lambung. Dalam proses pencernaan, sebelum makanan masuk ke dalam lambung maka makanan masuk ke dalam mulut dan harus lewat esophagus atau tenggorokan. Panjang dari kerongkongan bukan hanya sampai leher saha, namun juga dibagian dada sebelum lambung.

Dalam GERD biasanya makanan dan juga cairan yang sudah masuk ke dalam lambung selanjutnya akan naik kembali ke kerongkongan. Gejala yang ditimbulkan dari sakit GERD ini adalah rasa sakit yang hebat pada daerah lambung dan juga ulu hati. Akibat rasa nyeri ini biasanya penderita akan merasakan rasa mual dan juga muntah-muntah dan bahkan juga bisa mengalami muntah kering. Disaat sedang muntah biasanya asam lambung akan naik sampai menuju ke kerongkongan dan pada akhirnya akan menimbulkan rasa perih. Selain itu juga di dalam dada akan terasa panas dan terbakar. Dan gejala lainnya yang dirasakan adalah sulit untuk menelan, mengalami batuk kronis, sakit tenggorokan dan sering bersendawa. Penyakit GERD terjadi diakiibatkan kerena klep atau juga otot cincin pada bagian perbatasan kerongkongan dengan lambung menjadi lemah. Dan dalam keadaan normal, otot cincin ini kemudian akan mengunci agar makanan yang masuk tadi tidak akan keluar lagi menuju ke kerongkongan. Tekanan tinggi yang terjadi akibat dari produksi asam lambung yang tinggi merupakan salah satu penyebab yang paling utama. Dan selain itu juga, kelainan anatomi yang terjadi seperti gerakan usus yang tidak normal akan mengakibatkan asam lambung baik menuju ke kerongkongan.

MENGOBATI ASAM LAMBUNG NAIK

Mengobati asam lambung baik bisa dilakukan dengan cara alami. Beberapa cara mengobati asam lambung naik alami adalah :

  1. Mencegah asam lambung yang tinggi dengan cara mengurangi berat badan
    Karena salah satu penyebab dari asam lambung naik adalah akibat berat badan yang berlebihan. Oleh sebab itulah mengobati asam lambung naik akibat dari masalah ini adalah dengan melakukan diet serat tinggi dan juga mengonsumsi asupan karbohidrat yang kompleks yang bisa membantu mengontrol gula darah dan membantu membakar lemak di dalam tubuh.
  2. Mencegah dan juga mengurangi makanan yang bisa menjadi pemicu asam lambung tinggi
    Asam lambung yang tinggi diobati dengan cara mengurangi asupan makanan yang bisa memicu dari terjadinya naiknya asam lambung. Anda bisa mengobati asam lambung naik dengan bawang putih, jeruk, dan juga buah tomat.
  3. Minum air putih
    Mengobati asam lambung naik dengan minum air putih yang cukup sehari 8-10 gelas. Namun, jangan terlalu banyak minum air putih karena hal ini malah akan membuat lambung menjadi leb ih cepat penuh dan pada akhirnya akan menyebabkan produksi pada asam lambung semakin meningkat. Oleh sebab itulah, kita harus tetap mengonrol asupan air putih dalam setiap harinya.
  4. Mencegah asam lambung dengan mengurangi asupan karbohidrat
    Kurangi asupan makanan yang mengandung gula dan juga makanan yang mengandung karbohidrat bisa membantu untuk mengurangi gejala asam lambung naik. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mengobati asam lambung naik yang bisa dilakukan.

Mengobati Asam Lambung Naik


=====================================

>>> Obat Asam Lambung Naik Untuk Membantu Mengobati Penyakit Asam Lambung, Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Asam Lambung Naik and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *